LIad Y9 RajinD iiahh :P

Jumat, 03 Desember 2010

STRATIFIED SAMPLING

 
STATISTIKA 1
“METODE STRATIFIED SAMPLING”
KELOMPOK 2
Nama :  1.  Yudhistira Nurnugroho (21209801)
2.     Andreas Adi Darmawan (25209783)
3.     Taufiq Rachman (20209760)
4.     Arlyo Febro (22209246)
5.     Muhammad Reza Virgiawan (26209600)
6.     Chrisunday R Nainggolan (26209448)
7.     Arif Sandi (24209342)
Kelas :  2EB19
STRATIFIED SAMPLING
I. Pengertian Stratified Sampling
Stratified Sampling adalah cara mengambil sample dengan memperhatikan strata (tingkatan) didalam populasi.
Dalam stratified data sebelumnya dikelompokan kedalam tingkat-tingkatan tertentu, seperti tingkatan, tinggi, rendah, sedang/baik, sample diambil dari tiap tingkatan tertentu.
II. Metode Stratified Sampling
1.      Populasi dikelompokan menjadi sub-sub populasi berdasarkan kriteria tertentu yang dimiliki usur populasi.
Masing-masing sub populasi diusahakan homogen.
2.      Dari masing-masing sub selanjutnya  diambil sebagian anggota secara acak dengan komposisi proporsional/disproporsional.
3.      Total anggota yang diambil ditetapkan sebagai jumlah anggota sample penelitian.
III. Kebaikan dan Kelemahan Stratified Sampling
  • Kebaikan         : Semua cirri-ciri populasi yang heterogen dapat terwakili
  • Kelemahan      : Memerlukan pengenalan terhadap populasi yang akan diteliti
untuk menentukan cirri heterogenitas yang ada pada populasi
IV. Syarat Metode Stratified Sampling
1.      Populasi mempunyai unsur heterogenitas
2.      diperlukan kriteria yang jelas dalam membuat stratifikasi atau lapisan sesuai dengan unsur heterogenitas yang dimiliki
3.      Harus diketahui denagn tepat komposisi jumlah anggota yang akan dipilih secara proporsional atau disproporsional
V. Contoh Kasus Stratified Sampling

1.      Dari 100 populasi pemilih pada pemilu akan diambil 100 orang sebagai sample berdasarkan usia pemilih secara propporsional.
Penyelesaian :

Usia Pemilih Populasi Jumlah/ditentukan Terpilih
15 – 25 100 10 % 10
26 – 35 200 10 % 20
36 – 45 500 10 % 50
45 > 200 10 % 20

1000
100

2.      Misalkan penelitian yang dilakukan adalah pengaruh kurikulum saat ini terhadap prestasi siswa, maka dapat dilakukan dengan cara mengelompokan siswa kedalam tingkatan pandai, sedang, tidak pandai dan kemudian dari masing-masing tingkatan tersebut diambil dalam jumlah yang memadai.
Penyelesaian :

Nilai Jumlah Siswa Hasil Stratifikasi
0 – 30 7 Tidak Pandai
31 – 60 15 Sedang
61 – 80 23 Lumayan
80 – 100 5 Pandai
50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar