Tema : Remaja Urban
Deskripsi Latar
Budaya urban menarik untuk diceritakan, terlebih dari sudut pandang remaja dan mahasiswa. Berbagai bentuk perkembangan teknologi sangat dominan dalam kehidupan remaja urban, seperti ponsel, televisi, internet dan alat telekomunikasi canggih lainnya yang telah memfasilitasi berbagai mobilitas penduduk urban. Dalam dunia urban, para remaja menganut gaya hidup urban dan tertantang untuk berpacu dengan waktu, mengejar target tertentu, memenangkan kompetisi yang sangat kuat, bahkan terkadang mengesampingkan pertimbangan moral, dan sehingga muncul konotasi yang bersifat negatif. Ada indikasi remaja urban dianggap identik dengan biaya hidup yang umumnya diluar batas kemampuan, dan berdampak pada tindakan kekerasan yang meningkat.
Fenomena budaya urban yang semakin disukai remaja menarik untuk dikemas dalam sebuah cerpen. Berbagai kegiatan remaja yang dikenal menandai aktivitas remaja seperti industri lokal remaja seperti fashion, musik, dan gaya hidup serta model budaya urban yang lain. Sebagai contoh sederhana, budaya urban yang banyak ditemui dalam diri remaja seperti toko urban, urban space, line clothing, show/entertainment yang menampilkan industri kreatif khususnya fashion, musik, dan bentuk seni lainnya yang lebih kreatif dan akhirnya akan menjadi barometer komunikasi serta wadah pengembangan usaha yang dapat dinikmati semua kalangan muda. Sisi positif yang bisa dilihat adalah munculnya kewaspadaan terhadap kemajuan yang berkonotasi negatif dan membuat mahasiswa semakin cerdas dalam mengantisipasi dalam memilih aktivitas serta pergaulan antarmahasiswa di dalam dan di luar lingkungan kampus.
Tujuan Kegiatan:
1. Menggali potensi mahasiswa Gunadarma dalam menulis imajinatif.
2. Mendekatkan mahasiswa Gunadarma terhadap persoalan sosial yang mungkin di temukan di kampus atau pun di luar lingkungan kampus.
1
3. Menempatkan mahasiswa sebagai sosok akademis yang mampu menyoroti pergeseran budaya dan kembali menemukan nilai budaya dan aplikasinya dalam bersikap terhadap budaya urban.
Ketentuan Lomba
1. Lomba ini terbuka bagi mahasiswa Universitas Gunadarma D3 maupun S1
2. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 judul saja dari tema yang ditawarkan
3. Naskah lomba ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik
4. Penjabaran tema dalam cerita dan penggambaran latarnya tidak mengandung unsur SARA dan pornografi
5. Panjang karangan antara 8.000-15.000 kata
6. Peserta lomba adalah perseorangan, bukan kelompok.
7. Merupakan karya asli, bukan terjemahan ataupun saduran. Penjiplakan atas karya orang lain dalam bentuk apa pun, tidak dibenarkan, dan panitia berhak membatalkan keikutsertaannya dalam lomba ini
8. Cerpen belum pernah/tidak sedang diikutkan dalam lomba penulisan lainnya dan belum pernah dipublikasikan di media apapun
9. Naskah diposting di Warta Warga melalui menu layanan Warta Warga yang ada pada studentsite dengan kategori Cerpen antara tanggal 1 sampai dengan 15 Desember 2010
10. Setelah naskah cerpen diposting, peserta wajib melakukan pendaftaran melalui email studentsite ke alamat email bapsi@gunadarma.ac.id dengan Subject: Registrasi Peserta Lomba Cerpen dan isi email Nama, NPM, Kelas, Telp
Penilaian :
1. Isi : Gagasan lokal tetapi dipahami universal dan merepresentasikan nilai-nilai sosial dan edukatif.
2. Bahasa :
• kelincahan cerita
• enak dibaca
• keruntutan,
2
• pilihan kata/diksi; kata-istilah tertentu lokal tetapi dipahami universal
• diksi dalam judul, memulai cerita sampai ending cerita
3. Kreativitas :
• Memilih alur yang unik dan kreatif
• Mengungkapkan perilaku tokoh cerita yang unik dan kreatif
• Setting yang unik dan kreatif
• Tema yang unik dan kreatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar